Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian

Diposting oleh Adi Prasetyo on Kamis, 05 Juli 2012

Rating: 5.0

               
Seperti yang pernah saya berikan pada artikel yang lalu Melejitkandaya ingat dengan latihan part2 yang membahas pentingnya jurnal harian sebagai langkah awal untuk melatih otak kanan.Dan disini kita akan membahas bagaimana mengoptimalkan jurnal harian ? Kita akan membahas lebih detail mengenai Tabel unsur,kata kunci,dan hal-hal lain yang lebih terperinci.Coba baca : 7 Cara Rahasia Meningkatkan IQ

Bagaimana cara memulainya ?
Cara terbaik memulai sebuah jurnal adalah dengan komitmen.Mindset akan membentuk suatu niat sehingga apapun yang kita lakukan menjadi menyenangkan.Anda bisa melakukannya dengan duduk didepan komputer atau  mencatatnya secara manual.Saya tidak meminta anda untuk konsentrasi dan fokus seharian penuh.Lakukan saja hari-hari seperti biasa.Hanya saja di waktu malam sisihkan sedikit waktu untuk duduk dan menulis apa saja yang dialami pada hari itu.

Bukan Sekadar Yang “Dialami”

Tentu pada artikel melejitkan daya ingat part1 dan part2 telah dibahas bagaimana cara “melihat” dengan benar.Bagaimana kita bisa merubah suatu paradigma yang melekat pada otak selama bertahun-tahun ?
Saya kembali membahas bahwa selama ini kita melihat yang sebenarnya kita tidak melihat.Saya menyebut itu hanya “meng-adakan”.Misal kita melihat seorang melintas.Yang kita bayangkan di otak adalah “Oh,ya…ada orang disana !” Hanya “ada orang”.Saya tidak menyuruh anda untuk secara keseluruhan mengubah suatu susunan otak yg sudah lama melekat.Tapi setidaknya kalian memahami bahwa banyak bentuk unik di dunia ini yang tidak cukup jika hanya disebut “ada”.
Cobalah keluar dari ruang sempit,menuju tempat lain atau ruang lain.Perhatikan setiap lekukan pada benda,perhatikan warnanya,teksturnya,sentuh !! Setiap goresan didinding.Goresan dibaju,warnanya,teksturnya,baunya,atau apapun !
Untuk melihat contohnya : contoh junal harianyang baik

Apa Itu Tabel Unsur ?


Untuk memaksimalkan fungsi 5 indra yang ada,perlu diketahui seberapa baik anda mengoptimalkan fungsi 5 indra yang ada ? Untuk mengetahui maka dibuatlah tabel unsur.Seperti ini contohnya :
Unsur
YA
Penglihatan
√ √ √ √ √ √ √
Pendengaran
√ √
Perasa
√ √ √
Peraba
Penciuman
√ √

Cara mengisinya sangat mudah.Setelah menulis jurnal harian,cobalah baca sekali lagi dan centang kolom YA diatas sesuai dengan indra apa yang anda gunakan pada suatu kejadian.Misalnya pada suatu kalimat “aku mencium bau harum disuatu tempat “ maka centang kolom “Penciuman”.

Tabel Kata Kunci

Apa itu tabel kata kunci ? Apa fungsinya ?
Tabel kata kunci adalah suatu cara bagi kita untuk meringkas suatu kejadian yang ada pada jurnal harian yang kita buat.Selain itu dengan membuat tabel kata kunci dapat membantu kita dalam melatih asosiasi dan visualisasi,tidak melulu mengingat kata-kata yang panjang,kita hanya perlu mengambil 1 atau 2 kata yang signifikan.
NO
Kata Kunci
Penjelasan
1.
Sepatu Kulit Coklat
Pertemuan dengan seseorang
2.
………………………….
?
3.
…………………………..
?
4.
…………………………..
?

Diatas adalah contoh tabel kata kunci.Kita dapat melihat bagaimana kata sepatu coklat dapat menghasilkan sebuah “Pertemuan dengan seseorang”.Bahkan ceritanya akan terus berkembang didalam otak,menjadi suara-suara percakapan sewaktu terjadinya pertemuan,bahkan gambar wajah orang yang kita temui tiba2 muncul didalam otak,dan berkembang lagi dengan munculnya lokasi dimana pertemuan itu,terus berkembang dengan munculnya warna baju yg dikenakan sewaktu itu,atau makanan apa yang dipesan ? dan kapan pertemuan itu ? pagi,sore,atau malam ? Pikiran kita akan terus menggali informasi yang ada,padahal hanya berawal dari kata “Sepatu”.

Bukan hanya itu,model “sepatu kulit coklat” yg dikenakannya akan terus melekat bahkan tanpa perlu anda mengingatnya secara rutin.Ketika kita bertemu dengan teman berbeda dan ia mengenakan sepatu kulit dengan model yang sama,pikiran kita akan langsung meluncur ke peristiwa masa lalu sewaktu terjadinya peristiwa “Pertemuan”.Itu baru contoh pada satu kata kunci.Bagaimana jika puluhan bahkan ratusan kata kunci ? Maka pada setiap kehidupan akan timbul suatu koneksi dari berbagai arah yang tidak kita duga,bahkan dari berbagai waktu yang nyaris kita lupakan.Amazing !

Tujuan Sebenarnya

Tujuan sebenarnya dari menulis jurnal bukanlah untuk mengingat semua masa lalu.Salah satu fungsi terpentingnya adalah untuk memacu otak kita untuk berpikir,sehingga pangkalnya tidak lain adalah meningkatnya konsentrasi dan daya fokus.Coba baca : Meningkatkan Konsentrasi

Bagaimana Cara Memulainya ?

Seperti yang sering saya katakan,komitmen adalah cara terbaik untuk memulai.Saya tidak menganjurkan anda untuk membuat jadwal tersusun untuk sekedar menulis jurnal harian.Lakukanlah hanya ketika anda merasa nyaman dan senang.Namun jangan memutuskan senang atau tidaknya anda sebelum anda mencobanya.Banyak sekali orang2 yg ketagihan dan justru menulis jurnal sepanjang hidup mereka.Baca : 7 Cara Rahasia Meningkatkan IQ

Sisihkanlah sedikit momen diwaktu malam sebelum tidur untuk menulis jurnal,dan anda akan terkejut karena ternyata banyak sekali hal seharian yg dapat diingat,dan selama ini anda melewatkannya begitu saja ?

 

 Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian



Judul: Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA