7 Cara Meningkatkan IQ

Diposting oleh Adi Prasetyo on Minggu, 08 Juli 2012

Rating: 5.0


Dalam Artikel saya yang Lalu Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian telah sedikit dibahas tentang kebiasaan para orang jenius terdahulu,yang menulis setiap perkembangan hasil penelitian pada sebuah catatan kecil.Dan kebiasaan menulis jurnal itu masuk dalam daftar saya berikut ini :

1.Aktifasi Otak Kanan

Kenapa saya menempatkan ini di posisi pertama ? Otak kita adalah sekumpulan sel syaraf kompleks yang berfungsi salah satunya mengatur 5 indera dan anggota gerak tubuh.Otak manusia terdiri dari beberapa belahan seperti : Otak tengah,otak besar,otak kecil,otak kanan dan kiri.Khusus untuk otak kanan dan kiri adalah bagian yang paling sering dibahas dan dipertanyakan.Lalu sebenarnya siapa yang lebih baik ?
Kembali ke tabiat alam yang mempunyai energi positif dan energi negatif.Yin dan Yang tidak boleh salah satu menonjol,melainkan demi keberlangsungan hidup keduanya haruslah seimbang.Berbeda konteks,demikian juga dengan otak kanan dan kiri.Kita tidak mencari mana yang lebih unggul ? Semua punya fungsi dan kegunaan masing-masing.Kita tahu selama ini,di era globalisasi yang menuntut analisa dan pemikiran adalah tugas otak kiri untuk melakukannya.Semua rutinitas sekolah maupun kerja,begitu menonjolkan kinerja otak kiri.
Tetapi seburuk apapun kondisinya,kita tidak boleh menyerah pada keadaan.Kita dapat mencari waktu-waktu luang tertentu untuk lebih mengasah kinerja otak kanan.Untuk anda yang tertarik bisa mengikuti latihan ini : Melejitkan Daya Ingat Otak dengan Latihan

2.Atur Pola Nafas

Dengan menarik nafas dari hidung,saat itu jugalah fungsi otak akan meningkat dengan cepat.Menarik nafas dalam-dalam dapat memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda.Yang nantinya oksigen itu akan sangat membantu kinerja memori pada otak.Tingkat oksigen yang rendah dapat serta-merta mengurangi kinerja otak secara fungsional.
Berapa banyak diantara kita yang tidak benar-benar mengoptimalkan pernafasan ?

3.Gunakan Imajinasi Untuk Mengingat Sesuatu

Para Ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar dan mengingat lebih efektif jika mengoptimalkan imajinasi dan ke lima indra yang ada. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbal balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.
Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampolin dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya

4.Tulis Jurnal Harian

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.
Bagaimana menulis jurnal harian secara baik ? Anda dapat mempelajarinya di artikel saya : Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian

5.Jogging

Kembali ke fungsi nomor 2 tadi yaitu mengatur pola nafas dapat meningkatkan asupan oksigen di dalam darah.Demikian pula dengan jogging atau lari kecil,penilitian menunjukan bahwa hentakan yang terjadi antara telapak kaki dengan permukaan tanah dapat memperlancar secara langsung darah yang menuju otak sehingga meningkatkan fungsi otak itu sendiri.Ternyata penelitian yang sama juga berlaku bagi para pengunyah permen karet.Penekan berkali-kali pada gigi dengan permen karet menghasilkan efek yang sama dengan melakukan jogging tadi.
Kita sangat sering melihat para pelatih bola atau keeper mengunyah permen karet saat pertandingan.Mungkin sebagian dari mereka memang tahu fungsinya,tetapi mungkin sebagian lagi hanya sekedar suka.Yang jelas mereka mendapat hasil yang sama dari apa yang mereka lakukan.Tetapi ingat,gula pada permen karet dapat berpengaruh buruk pada kinerja otak secara alamiah.Jadi pilih permen karet tanpa atau sedikit kandungan gula.
Itu termasuk dalam artikel saya : 10 CaraMenjaga Kebugaran Ingatan

6.Gunakan Sistem Pembantu Memori

Apa itu system pembantu memori ? Ialah suatu cara untuk mengingat suatu daftar secara cepat dengan mengaitkannya dengan sesuatu objek yang sering kita lihat misalnya : anggota tubuh,Jalanan di sekitar rumah,dan ruangan dirumah.Sehingga tingkat efisiensi dan ketepatannya jauh lebih tinggi.Selain itu anda dapat menyebutkannya dari depan,belakang dan acak.
Misalkan Dengan mengaitkannya pada anggota tubuh seperti ini :
Anda ditugaskan mengingat 10 daftar kata secara urut :
1.      Telur
2.      Buku
3.      Sapu
4.      Barbel
5.      Ayam
6.      Katak
7.      Meja
8.      Raket
9.      Panci
10.  Kompor
Sebelumnya anda sudah menetapkan mana 10 anggota tubuh yang akan anda gunakan :
1.      Jari-jari kaki
2.      Betis atau tulang kering
3.      Lutut
4.      Paha
5.      Perut
6.      Dada
7.      Leher
8.      Kepala
9.      Ketiak
10.  Tangan (keseluruhan)
Karena ini hanya latihan kita lakukan perlahan-lahan,cara mengingatnya tinggal hubungkan nomor 1 daftar kata yang ingin diingat dengan nomor 1 anggota tubuh kalian.Maka akan seperti ini :
Bayangkan telur yang pecah menempel disela-sela jari anda,agar lebih nyata coba pejamkan mata dan rasakan kulit pecah dari telur tersebut menancap di sela-sela jari kaki.Lanjut ke tulang kering,bayangkan sebuah buku yang terbuka menempel di betis anda,agar lebih nyata coba usap-usapkan buku itu pada betis anda di dalam pikiran hingga anda merasa geli.
Kita coba lebih cepat,bayangkan gagang sapu dari kayu yang keras memukul lutut anda hingga anda jatuh berlutut.Lalu sebuah barbell seberat 25 kg menghantam paha anda,kembangkan sendiri dengan imajinasi.Dan tiba-tiba seekor ayam jago melompat dan mematuk tali pusar anda di perut.
Dan puluhan katak secara menjijikan menempel didada anda dan mengeluarkan lendir2 nya.Karena frustasi anda menggesek-gesekkan leher anda ke bagian sisi pada sebuah meja (jangan lakukan sungguhan ya….!! Wkwkwk) Lalu seorang pemain bulu tangkis terkenal memukul kepala anda dengan raket hingga raketnya rusak dan bolong.
Karena kedinginan anda mengambil sebuah panci yang masih panas dan menempelkannya pada ketiak (kembangkan sendiri).Dan terakhir karena kelaparan anda membakar tangan sendiri pada sebuah kompor dan anda bermaksut memakannya.Setelah itu coba tutup mata dan ulangi kesemua daftar yang ada.Kalian pasti dan mengulanginya dengan jelas.
Demikianlah suatu imajinasi dapat berkembang lebih imajinatif dan lebih imajinatif lagi.Itu adalah sebuah metode menghafal dengan anggota tubuh.Beberapa metode yang mirip juga dapat anda gunakan :

7.Konsumsi Makanan Bergizi

Terutama konsumsilah makanan yang banyak mengandung antioksidan ataupun omega3. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.
Beberapa makanan disini mungkin dapat anda jadikan referensi : Makanan Peningkat Daya Ingat

7 Cara Meningkatkan IQ

 

Judul: 7 Cara Meningkatkan IQ
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 2 komentar... read them below or add one }

Blognya Venny mengatakan...

Info yang menarik gan, ane praktekin dulu ya ^_^

Adi Prasetyo mengatakan...

terimakasih atas apresiasinya...
silahkan praktekkan saja

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA