Teknik Cara Rahasia menghafal angka cepat

Diposting oleh Adi Prasetyo on Selasa, 03 Juli 2012

Rating: 5.0



Banyak diantara kita terkagum-kagum melihat seorang anak di layar TV menghafal ratusan angka dalam hitungan menit.Apakah itu mungkin bagi kita ? jawabannya,ya ! Tapi hal pertama yang ingin saya tanamkan dalam diri anda adalah jangan pernah berpikir bahwa mempelajari teknik menghafal cepat dengan instan.Maksutnya ketika membuka internet, lalu menemukan artikel ini dan, “bimsalabim!” besoknya langsung memecahkan rekor dunia memori.Semua memang ada rahasianya tapi yang terpenting adalah mengetahui dan melaksanakan setiap tahapan dengan benar.

Terlalu sulit bagi saya untuk mengajarkan teknik menghafal cepat jika anda masih bergantung dengan otak kiri.Akan lebih baik jika terlebih dahulu mengikuti

Cara meningkatkan daya ingat


Jika anda penasaran dan ingin mengetahui sedikit tentang teknik dasar visualisasi angka menjadi image/gambar.Bacalah : Serunya Imajinasi angka menjadi gambar
Ada 5 latihan disana,memang terkesan panjang.Namun memang agak sulit untuk memulai sesuatu baru.Seperti pertama kali belajar menulis pada awalnya pasti sulit,dan akan mudah setelah terbiasa.Disana akan disajikan latihan mengingat yang luar biasa,step by step harus anda lakukan dengan komitmen.

Dan beberapa tips trik penting dibawah ini akan semakin memaksimalkan potensi anda dalam menghafal cepat.Saya harap anda mengikuti latihan diatas sebelum membaca tips penting yang satu ini :



Jangan Melebihi Batas

Saya tahu kata “batas” didalam pikiran anda seperti pagar kawat berduri yang tak bisa didekati apalagi dilewati.Pastinya memang menarik melihat master memory seperti Scott Hagwood ataupun Dominic O’Brien hanya sekali lihat dalam menghafal kartu.Pada tahap awal latihan jangan kecewa jika anda hanya mampu menghafal 20 angka dalam waktu 5-10 menit.Jangan anggap ini sepele,waktu lama yang anda buat tersebut mungkin saja karena imajinasi yang anda bentuk dalam otak sangat kuat dan nyata.Dan itu bagus ! Jangan berambisi dengan waktu ! Untuk tahap awal lebih baik menciptakan gambar yang nyata dari pada harus melihat stopwatch dan mencatat angka yang ada.

Gunakan Teknik Pengulangan Yang Baik

Berkali-kali dalam artikel2 yang lalu saya menyebut “Seni Pengulangan”
Tapi sebenarnya teknik pengulangan itu terbagi dua yaitu pengulangan sementara dan permanen yang saya bahas diatas.Seni Pengulangan sementara digunakan biasanya untuk kejuaraan menghafal kartu atau angka.Oke,daripada membahas itu yang ingin saya tekankan adalah gunakan teknik pengulangan  secara tepat.

Misalnya pertama kali anda mengetahui teknik ini saran saya fokuskan pada visualisasi yang kuat pada setiap angka yang diingat,jangan buru-buru berganti ke angka selanjutnya sebelum anda benar-benar “membubui” angka pertama dengan banyak imajinasi.Percayalah masalah kecepatan itu mudah,ia akan datang sendiri jika waktunya tepat!
Menurut pengalaman,akan sulit jika teknik pengulangan kita tidak teratur,misalkan dalam menghafal 20 angka,kita mengulangi angka pertama ketika sudah sampai angka ke 6,lalu kembali lagi ketika angka ke 8 lalu kembali ke angka 8 ketika sampai angka ke 16 dan seterusnya.Itu tidak baik  !

Usahakan Visualisasi Yang Lucu

Setelah anda menjalani latihan meningkatkan daya ingat diatas sekian lama,anda diajarkan banyak hal,termasuk yang namanya “asosiasi” tetapi disana tidak pernah ditekankan suatu “Kelucuan”
Seberapa pentingkah kita membentuk asosiasi yang lucu ?
Sangat penting ! Bahkan kalau bisa saya meminta anda untuk 100% asosiasi adalah sesuatu yang lucu.Percayalah !

Refresh Roman Room

Dengan me-refresh database roman room anda akan membantu anda semakin memperlancar jalannya menghafal angka.Cara terbaik adalah dengan membersihkan debu pada ruangan tersebut.Membersihkan debu ? ya !

Tentu yang saya maksut adalah membersihkan debu ruang pikiran.Jika anda bertanya lebih sering mana saya membersihkan debu ruangan asli atau debu ruangan didalam pikiran ? maka saya menjawab didalam pikiran.
Masuklah kedalam Roman Room anda susuri satu benda demi satu benda.Berisihkan debu yanga ada disana.Anda dapat menggunakan alat pembersih atau dengan tangan langsung.Cara lainnya adalah dengan mencoretkan sebuah tinta merah pada suatu benda.Rasakan Imajinasi yang mengalir !

Catatan : Artikel diatas adalah sedikit penjabaran dari Cara menghafal angka cepat jika anda benar-benar berniat mengetahui tekniknya,silakan klik

Cara meningkatkan daya ingat

ada 5 latihan disana,ikuti satu persatu secara sabar,dan nikmati hasilnya...

Teknik Cara Rahasia menghafal angka cepat

 

Judul: Teknik Cara Rahasia menghafal angka cepat
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 2 komentar... read them below or add one }

kincut mengatakan...

kita harus menghapal dengan metode roman room atau dengan metode cerita?

Adi Prasetyo mengatakan...

kalau saya pakainya roman room mas...

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA