Teknik mengingat daftar kata metode perjalanan, oleh Dominic O'Brien

Diposting oleh Adi Prasetyo on Selasa, 03 Juli 2012

Rating: 5.0


Untuk inspirasi :

biografi Dominic O'Brien

perjalanan hidup master of memory Scott Hagwood

Dominic Brian,anak bali dengan ingatan super

 

Langkah pertama untuk meningkatkan daya ingat kita adalah memiliki kepercayaan di dalamnya sebagai sebuah pengajaran yang sempurna. Ketika Anda mulai menggunakan teknik memori sederhana yang saya berikan, Anda akan menemukan bahwa kemampuan untuk mengingat fakta, peristiwa, tempat dan orang akan semakin tajam secara bertahap.Dan otak Anda sebenarnya tumbuh lebih besar dan lebih padat sebagai hasilnya.

Setelah sepuluh tahun mempelajari memori dan melatih pikiran, Dominic bisa melakukan prestasi mental yang luar biasa, termasuk menghafal urutan 54 bungkus kartu acak.
Bagaimana cara melakukannya? Saya telah direbus ke dalam berbagai metode untuk tiga bahan utama: imajinasi (mengubah informasi baru menjadi gambar mudah diingat); asosiasi (menghubungkan gambar-gambar imajinatif dengan apa yang kita sudah diketahui), dan lokasi (menanam sebuah pengalaman dalam otak).

IMAJINASI

Sesuatu yang perlu diingat yang akan membantu anda semakin imajinatif. Cara efektif menggunakan memori  adalah dengan mengubah- satu set angka, daftar belanja, urutan arah jalan - menjadi sesuatu yang lebih menarik.

Permainan menarik dengan imajinasi otak kanan


Memberikan gerakan dan kehidupan pada benda mati, membuat manusia atau hewan berperilaku atau mengubah bentuk dengan cara yang tidak mungkin, akan membantu untuk memperbaiki kesan dalam pikiran Anda.

CONTOH
Jika kita ingin mengingat untuk membeli jeruk dan apel,visualisasikan sebuah jeruk raksasa dengan bau khasnya menggelundung kearah anda,dan beberapa bulir jeruk menciprat ke anda,lalu “apelMAN” yaitu superhero dengan simbol apel didadanya dating menolong, ia menembakkan peluru-peluru apel kearah jeruk raksasa itu hingga hancur.
Lain kali Anda pergi ke supermarket lihat apakah Anda dapat mengingat daftar belanja virtual lima item yang berbeda menggunakan gambar yang tidak biasa sebagai pemicu. Lalu, lain kali perpanjang daftar untuk sepuluh item.

ASOSIASI

Asosiasi adalah link mental antara dua item yang berbeda.Seperti ketika anda mengakses internet dan terdapat link berwarna biru bertuliskan “ KLIK DISINI”.

Ambil sebuah situasi dimana anda adalah seorang yang bertugas mempresentasikan sebuah buku.Maka pasti anda sudah membaca dan memahami isi buku tersebut.Secara tidak sadar anda membuat beberapa link-link di otak : deskripsi,tujuan,fungsi,tokoh-tokoh dalam buku,alur cerita,dan seterusnya.Sehingga ketika seorang bertanya : Siapa saja tokoh dalam buku itu ?
Anda tinggal membuka link “tokoh-tokoh dalam buku”.Dan dengan mudah anda dapat menjawab pertanyaan itu.
Kerja memori Sukses melibatkan menggunakan asosiasi alam serta tempat baru, asosiasi lucu/tidak wajar untuk menghubungkan item dilupakan dengan gambar  yang kuat.

CONTOH
Anda diperkenalkan kepada tamu di sebuah pesta, diberitahu namanya Horace Washington. Nama-nama ini mungkin lebih mudah untuk diingat jika Anda berpikir dari asosiasi alam - Horace, penyair Romawi, dan Washington DC, kota Amerika. Anda sekarang memiliki asosiasi mental yang konkret yang lebih menarik dan bermakna dari sekedar suara atau ejaan nama mereka.

LOKASI


Ini tidak diragukan lagi kunci sukses Dominic O’Brien di Kejuaraan Memory Dunia.Dominic menempatkan setiap potongan data yang akan diingat pada pada rute-rute jalan yang pernah dilalui.Misalkan Dominic menghafal daftar belanja : keju,telur,gandum dan seterusnya.Dominic menempatkan keju didepan gerbang masuk rumahnya,lalu membanting puluhan telur di pekarangan rumah,dan menaburkan gandum di lantai teras.Akan luar biasa jika memberikan unsur aneh/lucu dalam visualisasi.

Dan berikut adalah cara untuk mengingat daftar belanja
Ingat daftar belanja dibawah ini : 
  1. Deterjen
  2. Roti
  3. Apel
  4. Susu
  5. Keju
  6. Telur
  7. Sosis
  8. Selada
  9. Tomat
  10. Mie instan

Dalam waktu yang diperlukan untuk membaca ini,anda saya persilahkan menghafal 10 daftar belanja.
Yang harus pertama kali anda lakukan untuk teknik meningkatkan daya ingat otak ini adalah siapkan sebuah memori perjalanan yang pernah anda lakukan sepanjang hidup.
Ini sangat mudah,maksutku,bayangkan saja  perjalanan anda ketika berangkat sekolah atau ketempat kerja,atau perjalanan ketoko buku,atau tempat2 lain.Karena kita akan menghafalkan 10 kata dalam daftar belanja.Ambilah 10 titik lokasi yang paling anda ingat sepanjang perjalanan.Misalnya sepanjang perjalanan menuju ke sekolah pastinya banyak sesuatu yang dilihat,tapi sisihkanlah beberapa dan ambil 10 titik lokasi yang paling diingat,seperti melewati kampus,melewati bengkel,masjid,dan seterusnya.Langsung saja seperti inilah cara menghafal 10 daftar kata.
Bayangkan diri Anda membuka pintu depan rumah Anda dan melihat sekotak deterjen. Sangat penting untuk memberikan diri Anda alasan mengapa bahwa item belanja tertentu di mana tempatnya. Secara logis, misalnya, Anda bisa membayangkan mencuci pintu depan Anda dengan deterjen.

Sekarang  berjalanlah ke berbagai tempat.
Di pintu masuk ke kebun Anda Anda melihat sepotong roti. Mungkin Anda menggunakan ini untuk menghentikan gerbang yang tertutup dengan sendirinya. Ketika Anda meninggalkan rumah Anda, Anda melewati bank yang penuh apel. Mungkin manajer bank memiliki cara yang unik dalam mengkonsumsi apel .Tempat berikutnya di dalam rute Anda adalah jembatan di atas sungai. Anda melihat deretan botol susu mengambang di air, jadi Anda bayangkan itu digunakan dalam kampanye iklan, sebuah 'susu mengambang' mungkin.

Diatas jembatan adalah pintu masuk gerbang ke taman. Di sini, Anda melihat seiris keju.Keju itu diparut dengan bagian tertentu pada pintu gerbang. Melalui jalan berbelok, ada bangku taman dengan telur di atasnya. Mungkin ada joker praktis mengintai dan menunggu Anda untuk duduk di atasnya.
lebih lanjut lagi perjalanan membawa anda pada sebuah pohon beringin tua. Gambar ratusan sosis menjuntai dari cabang-cabang, mungkin seseorang telah melakukan percobaan dengan rekayasa genetika. Di kolam bebek ada salad selada besar disiapkan. Mungkin satwa liar di sana telah beralih ke pola makan sehat.

Perhentian berikutnya Anda adalah mobil supermarket taman di mana Anda membayangkan melihat ribuan tomat tergencet. Apakah pengiriman menumpahkan muatannya? Akhirnya, saat Anda memasuki supermarket, Anda melihat semangkuk mie instan.Itu adalah sedikit contoh.Intinya adalah anda sudah harus hafal dengan rute perjalanan ke supermarket.Maksut saya kalian tidak perlu berjalan ke supermarket hanya untuk menghafalkan 10 kata.Anda melakukan semua perjalanan itu murni didalam otak.Mengerti ??

Cara ini mirip dengan METODE ROMAN ROOM


Sekarang menelusuri kembali langkah Anda dan lihat berapa banyak dari item belanja dapat Anda ingat.
Dan lihatlah betapa luat biasanya ingatan otak !!

 Teknik mengingat daftar kata metode perjalanan, oleh Dominic 

O'Brien

 

Judul: Teknik mengingat daftar kata metode perjalanan, oleh Dominic O'Brien
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

makasi informasinya merupakan sebuah pengetahuan baru

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA