Master of Memory,”Scott Hagwood” bagaimana perjalanan hidupnya ?

Diposting oleh Adi Prasetyo on Selasa, 19 Juni 2012


baca juga : 

melejitkan daya ingat 

apa perbedaan otak kanan dan kiri ?




 

profil Scott Hagwood

Setelah mendaki Mt. Olympus recall total, Scott Hagwood
turun ke bumi dengan panggilan baru: membantu orang-orang biasa
untuk mengembangkan ingatan yang luar biasa.
Scott hagwood adalah seorang biasa yang kemudian secara tidak sengaja menemukan kemampuan yang luar biasa sebagai sebuah potensi yang kuar biasa dan otaknya.Dan ia berpikir bahwa semua otak dapat melakukan apa yang ia lakukan dengan latihan-latihan tersendiri.Scott hagwood adalah langganan juara dalam kejuaraan “mengingat” se-Amerika serikat,total ia sudah mengantongi 5 kali gelar juara dalam hal mengingat kartu remi tercepat.
Scott hagwood mengingat setumpuk kartu acak di otaknya, mengingat urutan yang tepat dari semua 52 kartu. 
 Untuk menjadi seorang grandmaster, Hagwood harus melakukan ini pada 7 deck kartu dalam satu jam, diikuti dengan menghafal setumpuk kartu dalam waktu kurang dari tiga menit. Pada hitungan terakhir ia bisa menghafal sembilan deck kartu dalam 60 menit dan dek tunggal dalam 90 detik. Meskipun bangga menjadi Olympian memori, kadang-kadang melelahkan.Scott hagwood pernah berkata "Saya hanya merasa sangat tidak nyaman di pusat perhatian," katanya. "Saya tidak berpikir saya berbeda dengan orang lain.".

Penyakit Kronis

Scott hagwood lahir layaknya manusia biasa

Berkali-kali Scott hagwood mengeluarkan statement yang mencengangkan ia selalu berkata “Semua orang dapat melakukan apa yang saya lakukan” Hingga akhirnya ia menulis buku berjudul :
Melejitkan daya ingat dalam 7 hari
Didalamnya berisi sepenggal kisahnya ketika Scott Hagwood divonis dokter mengidap menyakit kanker,yang efeknya lebih mengerikan lagi ia akan kehilangan “kemampuan mengingat”,tubuh terasa lemas,otak tak dapat berfikir dan lain-lain.Namun berkat terapi di dalam sebuah ruangan timah radioaktif anjuran dokter yang dilakukannya secara rutin ,penyakitnya berangsur-angsur sembuh.Namun ada kisah yang luar biasa ketika Scott Hagwood menghabiskan hari-harinya dalam ruangan timah tersebut,sebelumnya ketika ketika di anjurkan dokter untuk menjalani terapi,scott hagwood memutuskan untuk mencari-cari buku tentang IQ didalam sebuah mall,mengingat dokter memvonisnya bahwa ia akan sulit mengingat sesuatu.Dan bertemulah ia dengan buku berjudul

Use your perfect memory” karya tony buzan

Dalam buku itu berisi latihan-latihan mengingat setumpuk kartu remi.Hari demi hari dilakukan scott hagwood dengan membaca buku pada ruangan timah radioaktif tersebut.Sampai akhirnya ketika penyakitnya sembuh,ia muncul sebagai scott hagwood baru dengan ingatan jeniusnya sampai-sampai ia berkata “Andai saja aku mengetahui teknik ini ketika kuliah,aku akan selamat dari hasil jelek ketika tes kimia”
Otak setiap orang mengandung memori mesin elegan efisien, katanya. Dan Anda dapat belajar untuk memanfaatkan potensi, seperti yang dia lakukan. Bahkan, kebanyakan orang bisa belajar bagaimana melakukan trik menghafal kartu dalam hitungan hari.
Jika
Scott Hagwood dan juara lain di dunia memori adalah tuan dari apa-apa, ini adalah seperangkat teknik menghafal terbukti dikenal sebagai mnemonik. "Siapa saja dapat mengembangkan memori mereka ke tingkat yang luar biasa," katanya.

Scott Hagwood berkata “Semua berawal dari kartu”

Tahap berikutnya dari transformasi Scott Hagwood yang terjadi di kubah berlapis-timah saat dia menunggu yodium radioaktif menyebar. Dalam buku Buzan, ia membaca deskripsi tentang bagaimana untuk menghafal setumpuk kartu. Hal ini membuatnya tertarik. "Saya pikir, hmmm, saya heran jika saya bisa menggunakan ini di Vegas?"
Sekilas, menghafal dek seluruh kartu tampaknya hanya singkat ajaib. Pemegang rekor dunia, Andi Bell, hafal dek dalam 32,9 detik. Namun, itu tidak sesulit yang Anda pikirkan. Pikiran bisa mempertahankan
sejumlah besar informasi seperti jumlah dan jenis dari masing-masing kartu dalam dek-jika Anda belajar bagaimana untuk memperkaya informasi dan membuatnya secara inheren lebih mudah diingat. Teknik mnemonic efektif membuat informasi lebih lengket di memori.
 
Memorians juara menghafal deck kartu dengan berbagai teknik. Modus operandi Scott Hagwood adalah adaptasi dari berabad-abad metode
  

Perangkat mnemonic digunakan oleh orang Romawi untuk menghafal sejumlah besar informasi, tetapi pada awalnya diciptakan pada abad ke-5 SM oleh Yunani. Pada dasarnya metode ruang Romawi melibatkan informasi baru dan asing bergaul dengan akrab-lokasi lama dan dalam ruangan rumah atau apartemen, misalnya.
Konversi di dalam otak dapat seenaknya meskipun bekerja dengan baik harus mencolok, lucu, tidak biasa, ia mulai berjalan melalui kamar rumahnya. Setiap kamar memiliki 10 lokasi di mana ia dapat menyimpan memori dari masing-masing kartu: empat sudut di lantai, keempat sudut langit-langit, lantai, dan langit-langit. Yang mencakup setelan seluruh sepuluh kartu.
Setiap lokasi di ruangan diberi nomor dalam pola yang konsisten. Saat ia berjalan ke ruang pertama, sudut lantai di kiri adalah posisi 1. Sudut setara di ruang selanjutnya adalah posisi 11, dan sebagainya.ia perlu menciptakan hubungan antara kartu dan posisi 1 ruang pertama. Katakanlah ada sebuah rak mantel di sudut ruangan.
Scott Hagwood kemudian memvisualisasi rak mantel meledak.

Katakanlah anda sedang menghafal 10 kartu remi,kartu pertama yg muncul adalah as hati,anda memvisualisasikan kartu as hati menjadi sosok kekasih/orang yg anda cintai,lalu sudut kiri ruanngan anda terdapat aquarium,cara mengingatnya mudah,hubungkan/imajinasikan/bayangkan sesuatu hubungan antara aquarium dg kekasih anda,misalnya kekasih anda terjebur dalam aquarium/hal2 aneh lain.Lalu lakukan hal itu pula pada kartu ke 2,ke 3 pada sudut dan dinding selanjut nya
Setelah dia ditempatkan 50 kartu dalam lima kamar dan dua terakhir, mengingat setiap kartu berdasarkan gambar hidup yang terkait dengan setiap lokasi. Dengan latihan, Anda dapat melakukannya dengan sempurna hampir setiap waktu.
 
Hagwood mulai mengajar dirinya untuk menghafal deck kartu selama thyroid scan pertamanya. Ini adalah cara yang cukup murah untuk menghabiskan waktu, karena segala sesuatu yang dikenakannya dan dibawa dalam ruangan bertimah radioaktif akan sangat berharga. Tapi Scott Hagwood mengatakan ia tidak hanya belajar trik. Dia pikir bahwa menghafal deck kartu akan memiliki manfaat yang lebih luas mengenai keterampilan mental. Dia juga mulai menggunakan teknik menghafal dari buku-buku Buzan di pekerjaannya. Scott Hagwood bekerja untuk General Electric, mengunjungi berbagai fasilitas produksi dan mengevaluasi resiko keamanan potensial. Ia menemukan ia bisa menggunakan teknik mnemonik untuk mengingat nama-nama personil di semua perusahaan yang berbeda yang dikunjunginya.

Biografi Scott Hagwood

kalo ada yg tidak jelas silakan komentar …

Judul: Master of Memory,”Scott Hagwood” bagaimana perjalanan hidupnya ?
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA