Cara mudah mengingat nama dan wajah

Diposting oleh Adi Prasetyo on Kamis, 21 Juni 2012

Baca juga :

Musuh utama ingatan : waktu
Sters bisa membunuh

Dalam kehidupan setiap harinya,banyak sekali hal-hal yang sering kita lupakan,termasuk ketika anda pergi untuk mengambil sesuatu,sampai di tempat yg dituju tiba2 merasa bingung dan bertanya Apa yg tadi ingin kulakukan ???

Kejadian yang tak kalah memalukan ketika kita berkenalan dengan sesorang,kita nyaris tak melihat wajahnya,alhasil beberapa menit selang berkenalan kita sama sekali lupa antara nama dan wajahnya.Hal ini saya rasakan sendiri,kebetulan hampir setiap hari saya bertemu dg orang yg berbeda dengan bermacam bentuk wajah dan jenis nama.Sebelum saya mengetahui cara mengingat nama dan wajah ini sebelumnya nyaris tak satu pun nama yang kuingat setelah berkenalan dengan seseorang,kecuali wajahnya,itupun baru ingat setelah bertemu langsung dg orangnya.Berikut cara efektif jika kalian mengalami masalah diatas :

REFRESH SELURUH DATA NAMA

Cara ini terbilang cukup jitu untuk membuka seluruh data tentang nama dan wajah di otak.Jika memiliki buku “perpisahan” sewaktu SMA ataupun SMP cobalah buka lagi buku tersebut,cobalah lihat wajah teman2 lama anda perhatikan namanya.Perhatikan tekstur diwajahnya yang menonjol,agar lebih permanen di otak,lebih2 kan fakta yang ada.Misal jika teman anda memiliki kulit yang agak hitam maka bayangkan ia 100 kali lebih hitam,apabila ia memiliki kepala yang besar jadikan kepalanya 100 kali lebih besar di dalam otak anda.

Setelah selesai membolak-balik buku “SMA” anda cobalah search di internet dg kata kunci : nama-nama terpopuler,nama-nama artis terkenal,nama penyiar berita,nama-nama narasumber/politikus yang sering muncul di TV.Cobalah latih daya “focus” anda dengan mengingat wajah2 yang sering muncul di TV.

TABURKAN IMAJINASI

Imajinasi selalu menjawab semuanya,ketika mengingat apapun dengan menambahkan imajinasi ingatan itu terasa menjadi lebih kuat.Imajinasi pertama yang harus kalian lakukan ketika berkenalan dan “saling menyebut nama” adalah tatap matanya.Tentu anda tidak ingin menakuti seseorang dengan tatapan tajam,seperti serigala yang menatap mangsanya.Tapi saya minta ambil momen yang tepat disela-sela pembicaraan untuk menatap matanya,dan mencari ciri khusus dalam wajahnya.

Selanjutnya,asosiasikan nama yang baru saja didengar dengan nama yg sudah pernah anda dengar sebelumnya.Ketika anda baru saja mendengar nama misalkan : Dimas,lalu hubungkan antara “Dimas” yang baru saja dikenal dengan “Dimas” yang sudah lama anda kenal.Jangan khawatir jika otak anda bukan mengingat ‘Dimas’ yg sekarang tapi malah mengingat ‘Dimas’ yang dulu.

Itulah kehebatan otak kita,saya menyebutnya “manipulation of memory” kita mengingat sesuatu tapi dengan mengingat sesuatu yang lain.Fantastic !!! Jika anda sukses,gambar didalam otak yang akan anda dapat ,seperti sebuah hologram yg banyak menjadi hadiah jajanan anak2.Sebuah hologram apabila dilihat dari 2 sisi yang berbeda ia juga akan menghasilkan 2 gambar yang berbeda,padahal terletak pada satu bidang.

Selanjutnya tambahkan beberapa data tentang orang yg namanya ingin anda ingat,misalnya pada suatu ketika saya mengingat nama “Dimas” Sebelumnya saya mengasosiasikannya dg ‘Dimas’ yg dulu saya kenal,selanjutnya saya lebih2 kan apa yg menonjol pada wajahnya misalkan hidung yang besar,kepala botak,, dll.Lalu yang terakhir saya tambahkan data mengenai dirinya misalkan ia bertempat tinggal disuatu perumahan elit,dg kebiasaanya naik mobil sewaktu berangkat sekolah.Maka dalam pikiran saya menjadi Dimas dengan hidung super besar,dan ia menekan klakson mobil mewah dengan hidung besarnya .Lucu bukan ??

Pada suatu ketika anda berkesempatan bertemu lagi dengannya,sekejap ketika melihat wajahnya anda akan langsung teringat dengan hidung besarnya,yang menekan klakson mobil.Anda dapat membuka pembicaraan dengan bertanya.Apa ini masih mobil mewahmu yang dulu ??
menyenangkan bukan ?

Jika dalam satu hari kalian berkenalan dengan lebih dari satu orang,bahkan hingga 5-6 orang,jangan khawatir anda sudah tahu teknik


Jika sudah bagus,jika belum hanya butuh beberapa menit untuk mempelajarinya.

SENI PENGULANGAN
Pernahkah kalian mengulangi suatu bacaan berpuluh-puluh kali dalam satu waktu hanya untuk menghafalkannya ? Itu cara yng sangat menyiksa,seni pengulangan yang saya berikan sangat ringan dan menyenangkan.Dengan teknil 5 menit kali tiga.

Apa harus 5 menit pas ? tidak ! setelah anda selesai berkenalan dengan sejumlah orang,dan anda berp-siap pulang kerumah,sebaiknya ulangi wajah dan nama yang seharian anda kenal.Lalu cobalah melakukan aktifitas lain yg tidak ada hubungannya dg nama dan wajah.Setelah itu ulangi lagi nama dan wajah yg tadi anda kenal.Dengan melakukan aktifitas lain yg tidak berhubungan justru akan memacu pikiran kita.Dalam waktu luang tertentu anda juga dapat melakukannya,kapanpun dan dimanapun.


Cara mudah mengingat nama dan wajah

Judul: Cara mudah mengingat nama dan wajah
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA