Metode menghafal dengan hubungan antar kata

Diposting oleh Adi Prasetyo on Selasa, 19 Juni 2012



Baca juga :



Metode menghafal berikut ini nyaris sama dengan metodemenghafal mnemonic.Hanya saja metode ini khusus menghubungkan berbagai kata,menjadi sebuah rangkaian ingatan otak kanan yang luar biasa.

 

Contohnya dalam cara cepat menghafal asmaul husna dalam artikel saya yang lalu.Al-adl artinya maha adil.Kita hubungkan kata adil dengan image berupa “timbangan” lalu kita hubungkan “timbangan” menjadi sosok penjual sembako yang berjualan didekat rumah kita.

Disana kita dapat melihat kata adil berhubungan dengan timbangan lalu dihhubungkan lagi dengan sosok penjual sembako.Itu adalah contoh yang rumit,dan memang sengaja saya rumitkan sebenarnya bila anda sadari kita dapat langsung mengubah kata adil menjadi sosok seseorang “adil” yg kita ketahui.

Penggabungan metode mnemonic dan hubungan antar kata



Dalam beberapa kasus seperti contohnya dalam asmaul-husna,kita akan bertemu beberapa kata yg memaksa kita menggunaka dua metode sekaligus.
Misalnya dalam kata : Al-latif,, pertama kita coba mencari bunyi apa yang cocok dengan kata tersebut.Maka kita dapatkan “latin” lalu kita gunakan hubungan antar kata yaitu kita hubungkan kata “latin” menjadi sosok “Leonardo decaprio” dalam adegan saat ia menulis surat berhuruf latin.

Demikianlah metode ingatan luar biasa yang dapat kita implementasikan.Semoga bermanfaat !

Judul: Metode menghafal dengan hubungan antar kata
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Adi Prasetyo

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR DENGAN BAHASA YANG BAKU
SILAKAN BERTANYA APABILA ADA YANG BELUM DIPAHAMI DARI ARTIKEL SAYA